Minggu, 12 September 2010

Tips Mengatasi Windows XP yang Terkena Virus

Kadang kita bingung bagaimana menyelesaikan masalah ini. Harus mulai dari mana. Antivirus kita tidak mau bekerja. Entah karena telat update atau kalah sama virusnya. Tapi kalau dibiarkan dapat mengganggu pekerjaan kita. Seperti : Lambatnya proses, file yang mau diedit tidak ditemukan. Macam-macam masalahnya. Tapi kalau
mau diinstall ulang repot juga …. Butuh waktu …. Master program ada apa enggak …. Driver systemnya apa ada juga …. Pusing ….

Ada beberapa cara yang mungkin bisa kita coba:

1) Siapkan antivirus SMADAV (versi terbaru kalau bisa)
Siapkan juga antivirus AVIRA (versi/update terbaru kalau bisa)
Usahakan cari master tersebut dari komputer lain yang bersih dari virus, lalu copy master tersebut dalam flashdisk yang bersih dari virus atau CD-R/RW kalau bisa.
Catatan : Saya pilih antivirus di atas karena sesuai pengalaman saya antivirus di atas cukup andal dalam menangani virus.

2) Nyalakan komputer yang bermasalah tersebut (kalau belum nyala), masuklah ke dalam safe mode.
Dalam safe mode biasanya kebanyakan virus tidak bisa aktif (namun patut hati-hati, karena kebanyakan bisa aktif karena kelalaian kita)
Untuk masuk ke safe mode : tekan F8 sebelum muncul logo Windows XP, lalu tekan Enter (biasanya lumayan lama juga loadingnya).
Penting : Mohon diperhatikan. Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, mohon ikuti petunjuk yang diberikan. Jangan melakukan apapun di luar petunjuk yang diberikan. Soalnya ini untuk mencegah virus menghalangi jalan perbaikan kita.
Contoh: seperti jangan melakukan iseng2 buka file, buka folder, open program. Ini biasanya menyebabkan virus otomatis jalan, sebab tanpa kita sadari kebanyakan virus memasang script tertentu saat kita melakukannya.

3) Apabila sukses masuk Windows XP, jalankan Start -> Accessories -> Windows Explorer
Perhatian : Untuk mencegah virus aktif karena kelalaian kita, jangan melakukan klik 2x di area pane sebelah kanan.

4) Jalankan file SMADAV yang ada di flashdisk/CD untuk menginstal (kalau yang sudah dinstal jangan dijalankan, soalnya kemungkinan virus bersarang di dalamnya). Kalau sudah selesai, jalankan SMADAV (muncul di tray icon sebelah pojok kanan bawah).

5) Jalankan file instalasi AVIRA. Tunggu sampai selesai.

6) Scan seluruh isi harddisk dengan SMADAV di bagian tab scanner (C, D, E …. dan seterusnya). Centang juga pada bagian System Area.
Selama proses scan, harap jangan melakukan apapun seperti yang disampaikan di atas.

7) Ketika proses scan berlangsung, biasanya akan terdeteksi ada virus atau muncul suara beep alert dari komputer. Yang menandakan ada virus dari AVIRA. Apabila muncul pop-up konfirmasi pilih remove atau cancel, pilih saja remove …. Dan seterusnya.
AVIRA dan SMADAV akan jalan bareng. Apabila SMADAV lagi scan, maka AVIRA juga akan mendeteksi file yang discan SMADAV.

8) Apabila SMADAV telah selesai melakukan scan, pilih Fix All. Maka semua virus atau error yang ada akan dibereskan.

9) Sampai di sini tugas kita telah selesai. Restart ulang mesin dan jalankan mode normal.

0 komentar:

Posting Komentar